Monday, September 23, 2013

Tips Memilih Kabel yang Bagus Buat Speaker

Tips memilih kabel yangbagus buat speker ini hanyalah sedikit panduan yang dapat anda jadikan pertimbangan ketika ingin mencari jenis kabel yang bagus buat gitar, speaker, atau perangkat lainnya yang berhubungan dengan audio sistem. Untuk para pecinta audio, baik dan buruknya pengkabelan serta merk kabel yang digunakan akan sangat terasa, karena suara yangdihasilkan dari sistem audio dengan kualitas tinggi akan sangat berbeda dengan yang proses pembuatannya asal-asalan, termasuk kabel yang digunakan.

Ketika kita ingin menentukan seperti apa jenis kabel speaker yang bagus maka sebaiknya percaya pada feeeling dan pendengaran kita sendiri. Apabila dirasa kurang bagus, misalnya suara bass yang keluar masih tidak bisa terdengar dengan sempurna padahal seharusnya dengan power amplifier yang besar suaranya dapat lebih bagus lagi, maka silahkan di cek kabel yang digunakan untuk jalur speakernya.

Jenis penghantar atau inti kabel yang lazim digunakan untuk kabel speaker adalah terbuat dari tembaga murni, namun ada pula bahan lainnya seperti perak dan emas. Tergantung dari harga dan kualitas dari kabel tersebut.

Sebagai rujukan, silahkan memilih kabel speaker yang memiliki inti tembaga lebih besar karena biasanya kabel seperti ini akan lebih bagus menghantarkan tegangan listrik yang mempengaruhi hasil dari suara keluaran amplifier. Usahakan memakai kabel dengan panjang seminim mungkin, atau jangan menyisakan kabel yang terlalu panjang untuk kegunaan audio karena akan menambah beban atau tahanan dari kabel tersebut sehingga mengurangi kualitas audio yang dihasilkan ker speaker.

Kesimpulannya, kabel speaker yang baik adalah apabila kabel tersebut dapat matching dengan sound sistem yang digunakan. Dan untuk mengetahui hal ini tentu hanya mereka yang mengerti akan audio sistem yang dapat menilai. Namun harga yang mahal biasanya merupakan jaminan tersendiri dari bagus atau tidaknya kabel tersebut. (http://fungsikabel.blogspot.com/)

No comments:

Post a Comment