Tuesday, September 3, 2013

Perbedaan Fungsi Kabel LAN Cross dan Straight



Membahas tentang fungsi kabel LAN cross dan straight maka kita akan menjumpai perbedaan antara kedua jenis kabel jaringan ini, meskipun dalam penggunaan kabel ini sama-sama untuk keperluan transmisi data dalam jaringan komputer, namun kedua macam kabel ini berbeda pada cara instalasi dan fungsinya.

Selengkapnya mengenai jenis kabel UTP yang bagus dapat anda baca pada artikel terdahulu yang sudah pernah kita bahas. Nah, berikut ini sekilas perbedaan antara kabel Crossover dan Straight dan juga fungsi dari masing-masing kabel tersebut.

Perbedaan Fungsi Kabel Cross dan Straight

Kabel LAN Straight

Fungsi kabel straight adalah digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dengan melalui perantara hub ataupun switch, dan juga untuk menghubungkan antara satu komputer dengan hub atau sebaliknya. Berikut ini susunan urutan warna kabel straight yang banyak di gunakan sesuai dengan standar Indonesia.
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Cokelat
  8. Cokelat

Kabel LAN Cross

Sedangkan kabel Cross atau crossover memiliki fungsi untuk menghubungkan dua perangkat komputer secara langsung, ataupun menghubungkan dua buah hub secara langsung. Susunan atau urutan warna kabel Cross yang banyak digunakan adalah seperti berikut ini:
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Cokelat
  8. Cokelat

Perbedaan susunan urutan warna antara kabel cross dan kabel straight hanya terletak pada kabel nomer 1 dan 3 dan 2 dan 6, apabila ingin mempergunakannya maka kita dapat menukar pin atau susunan kabel tersebut.

No comments:

Post a Comment