Monday, September 2, 2013

Fungsi Kabel UTP



Kali ini kita akan membahas tentang fungsi kabel utp straight dan cross yang merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu pada tulisan pengertian kabel UTP. Untuk menjelaskan tentang fungsi kabel UTP adalah lebih baik kalau kita melihat beberapa macam jenis kabel UTP yang dapat dikelompokkan mejadi beberapa kategori seperti dibawah ini.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan transmisi data dalam jaringan komputer. Bagian-bagian dari kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang dipilin secara menyilang dan saling melilit. Tiap inti kabel terbuat dari tembaga yang terbungkus plastik isolator, dan keseluruhan badan kabel dibungkus oleh plastik yang dapat melindungi kabel dari kerusakan fisik yang mungkin terjadi.

Fungsi Kabel UTP

Berikut ini fungsi masing-masing jenis kabel UTP berdasarkan pengelompokan atau kategorinya:

  1. Kategori 1     Kabel UTP Category 1 (CAT1) adalah kabel UTP yang mempunyai kualitas transmisi paling rendah dan ditujukan hanya untuk penggunaan transmisi suara analog.
  2. Kategori 2     Kabel UTP-CAT2 lebih baik dari CAT1, kabel jenis ini dapat mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik (4Mbps). Kabel CAT2 banyak dipergunakan pada penghubung node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring network dan protocol localtalk (Apple) dari IBM. 
  3. Kategori 3     Kabel UTP-CAT3 kebal jenis ini memiliki kualitas lebih baik yang ditujuka untuk penggunaan transmisi data network hingga 16Mhz dan lebih populer untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.
  4. Kategori 4     Kabel UTP-CAT4 jenis kabel ini mempunyai kualitas transmisi lebih baik daripada kategori sebelumnya yaitu kabel UTP -CAT3, dibuat untuk keperluan komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik, sehingga dapat digunakan untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.
  5. Kategori 5     Kabel UTP-CAT5 kualitas dari CAT5 ini jauh lebih tinggi apabila dibanding dengan kabel UTP kategory 4, dan dibuat untuk tujuan menghantarkan komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik(100Mbps). Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) dan dilindungi oleh insulasi.
  6. Kategori 6 Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e. 
  7. Kategori 7 Dibuat untuk keperluan transmisi data hingga frequensi up to 600Mhz 


No comments:

Post a Comment