Friday, September 13, 2013

Pengertian dan Fungsi Kabel Fiber Optik



Pernah mendengar istilah kabel serat optic atau pengertian kabel fiber optik? Jenis kabel fiber optik adalah teknologi terbaru dalam bidang transmisi data yaitu dengan memanfaatkan jalur akses berupa kabel dengan konsep filamen glas kaca. Jadi struktur dari kabel fiber optic yaitu memiliki inti berupa filamen glass dengan lapisan penguat dan paling luar terdapay lapisan pelindung yang menjaga kabel dari kerusakan fisik.

Transmisi data berupa cahaya dari laser atau lampu LED yang dapat menghantarkan gelombang informasi pada jarak yabg sangat jauh, lebih baik dari kabel biasa.

Data dan informasi dikonfersikan kedalam cahaya yang nantinya akan ditransmisikan kedalam kabel berupa serat optik. Kabel fiber optik memiliki kemampuan transmisi data yang lebih cepat dari kabel twisted atau koaksial, hal ini merupakan kelebihan tersendiri dari kabel ini, selain itu kemampuan bandwith yang jauh lebih besar juga merupakan nilai tambah tersendiri.

Karena fungsi kabel fiber optik yang begitu penting yaitu sebagai media transmisi data berkecepatan tinggi dengan hasil yang lebih baik, maka kabel ini banyak digunakan dalam jaringan internet dan keperluan penyaluran informasi.

Kekurangan kabel fiber optik adalah harga perangkat pendukungnya yang masih mahal, disamping teknisi atau tenaga ahli untuk instalasi kabel ini yang masih jarang karena teknologi fiber optic merupakan teknologi yang masih asing.



No comments:

Post a Comment