Tuesday, September 3, 2013

Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI

Pengertian HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah konektor audio atau video digital dalam perangkat elektronika yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara sumber video seperti DVD player, komputer, digital audio player, dll dan menghubungkannya ke perangkat penerima misalnya digital audio amplifier atau LCD monitor.

Dalam perangkat komputer dan elektronika modern banyak menggunakan soket HDMI yang dikemas dalam kabel fleksibel sebagai penghubung antara sumber data yang akan dihubungkan ke perangkat penerima. Kabel HDMI mendukung transmisi video standar sampai dengan tiungkat tinggi, dan juga transmisi data berupa audio digital multikanal melalui kabel tunggal.

Kabel HDMI

Kabel HDMI yang umum digunakan yaitu HDMI tipe A dengan 19 pin yang sudah mendukung transmisi data video resolusi tinggi. Sedangkan untuk tipe yang lebih tinggiu yaitu HDMI tipe B memiliki 29 pin, digunakan untuk keperluan transmisi data yang lebih rumit. Namun kabel HDMI tipe ini masih jarang digunakan.

Seperti dikutip dari situs Wikipedia, beberapa perusahaan yang mencetuskan soket HDMI adalah manufaktur terkenal antara lain Hitachi, Matsushita Electric Industrial (Panasonic/National/Quasar), Philips, Sony, Thomson (RCA), Toshiba, dan Silicon Image.

Harga kabel HDMI sendiri cenderung lebih mahal daripada kabel data sejenis, mengingat penggunaannya adalah untuk keperluan perangkat yang lebih canggih. Beberapa soket HDMI dapat dihubungkan dan dirubah kedalam soket lain misalnya soket VGA, PS3, USB, DVi, dll.

1 comment: