Wednesday, September 18, 2013

Pengertian Kabel Listrik NYY, NYM dan NYA



Kabel adalah media penghantar untuk menyalurkan arus listrik, data, maupun informasi melalui media konduktor terbaik berupa bahan logam atau bahan lainnya, tergantung dari jenis kabel tersebut. Pembungkus kabel yang berupakan isolator terbuat dari bahan plastik lentur atau karet, dengan fungsi sebagai pelindung fisik dari kerusakan berupa api, benturan, air, dll. Pada jenis kabel tertentu, bagian pembungkus ini dilengkapi juga dengan pembungkus yang melindungi dari interferensi medan elektromagnetik.

Pengertian Kabel Listrik NYY, NYM dan NYA

Sedangkan dalam instalasi listrik baik rumahan maupun instalasi luar, dikenal adanya macam macam kabel yaitu kabel NYA, NYM dan kabel NYY. Dari masing-masing jenis kabel tersebut memiliki kegunaan yang tidak sama, dan juga terbuat dari bahan yang berbeda berdasarkan karakteristiknya.

Kabel NYA

Kabel listrik NYA adalah kabel yang mempunyai isolasi berupa PVC, dengan inti tembaga tunggal yang pejal. Kabel NYA banyak digunakan dalam instalasi listrik perumahan, yang merupakan kabel udara dengan karakteristik tidak tahan terhadap panas. Untuk itu, pemasangan kabel NYA harus dilindungi oleh pipa PVC atau pipa alumunium untuk mencegah terjadinya kerusakan fisik seperti keratan tikus, terbakar, dll.

Kabel NYM

Kabel listrik tipe NYM memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan kabel NYA, dengan isolasi ganda dapat mencegah kerusakan dan berfungsi lebih baik. Namun harga kabel NYM cenderung lebih mahal dibanding dengan NYA. Kabel NYM berinti tembaga lebih dari satu, dapat dipasang dalam rumah maupun diluuar rumah.

Kabel NYY

Kabel listrik jenis NYY ini merupakan kabel luar dan juga kabel bawah tanah yang tahan terhadap air, keratan tikus dan kerusakan fisik lainnya. Dengan isolasi dari plastik yang kuat dan berwarna hitam, memiliki inti satu atau lebih, kabel NYY sangat bagus digunakan untuk instalasi dalam tanah.

1 comment: