Wednesday, September 18, 2013

Bahan Kabel Tembaga sebagai Konduktor Terbaik



Banyak jenis kabel yang kita temukan disekitar kita, namun bahan kabel terbaik yang dapat menghantarkan data maupun arus listrik tanpa gangguan yang berarti adalah kabel yang terbuat dari tembaga. Mengapa harus tembaga? Ada banyak macam kabel yang memiliki fungsi berbeda-beda, misalnya kabel UTP dan juga kabel LAN.

Dari kesemua kabel tersebut kebanyakan menggunakan inti penghantar berbahan tembaga murni, hal ini karena tembaga diklaim memiliki tingkat penghantaran yang paling bagus diantara bahan logam lain seperti alumunium atau besi.

Meskipun kadang dijumpai kabel dengan bahan dasar alumunium, kuningan atau seng, namun untuk mendapatkan daya hantar yang maksimal masih tetap tembaga sebagai bahan yang paling ideal digunakan. Tentu saja dengan kualitas yang baik dan muutu yang terjamin akan menjadikan kabel ini menjadi lebih mahal, namun hasil yang akan kita rasakan juga tidak akan meruugi apabila membeli kabel dengan kualitas terjamin.

Saya pernah mendapati satu produk tertentu buatan China, dengan bentuk dan fungsi yang hampir sama dengan produk lainnya yang memiliki merk ternama, produk cina terebut memberikan harga lebih murah daripada yang lain. Namun ternyata selang beberapa waktu setelah pemakaian, barang tersebut mengalami masalah. Dan salah satu penyebabnya adalah karena wire atau pengkabelan yang digunakan sangat buruk dari segi kualitas.

Dengan mempertimbangkan hal-hal seperti diatas, tentu kita harus lebih cermat ketika akan membeli suatu barang atau melakukan instalasi kabel. Lebih baik keluar biaya agak mahal namun memiliki umur pemakaian yang lebih panjang dan tidak menimbulkan kita harus kerja dua kali.

No comments:

Post a Comment