Monday, September 2, 2013

Pengertian Kabel UTP



Pengertian: Kabel UTP adalah jenis kabel berinti tembaga yang tidak memiliki shield internal sebagai pelengkapnya. Kabel UTP atau Unshielded twisted-pair banyak digunakan untuk keperluan transmisi data dalam jaringan Local Area Network (LAN). Sebagai penghantar data-data informasi dalam komputer, kabel UTP cukup bagus karena memiliki daya hantar yang bagus, fleksibel dan harga yang relatif murah.

Karakteristik dan kekurangan dari kabel UTP yaitu masih dapat terpengaruh oleh interferensi gelombang elektromagnetik dari luar, karena memang pembungkus bagian luar yang terbuat dari plastik hanya memiliki fungsi untuk melindungi kabel secara fisik.

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP memiliki impedansi sekitar 100 Ohm. Seperti yang dijelaskan pada situs Wikipedia, terdapat beberapa macam kategori kabel UTP bersadarkan kemampuan menghantarkan data yang dimilikinya, silahkan lihat tabel dibawah ini.

Dari beberapa kategori dibawah, yang paling bayak digunakan untuk keperluan kabel jaringan adalah jenis kabel UTP Enhanced Category 5 (Cat5e) dan Category 5 (Cat5).

KategoriKegunaan
Category 1 (Cat1)Kualitas suara analog
Category 2 (Cat2)Transmisi suara digital hingga 4 megabit per detik
Category 3 (Cat3)Transmisi data digital hingga 16 megabit per detik
Category 4 (Cat4)Transmisi data digital hingga 20 megabit per detik
Category 5 (Cat5)Transmisi data digital hingga 100 megabit per detik
Enhanced Category 5 (Cat5e)Transmisi data digital hingga 1000 megabit per detik
Category 6 (Cat6)Mendukung transmisi di frekuensi 250MHz
Category 7 (Cat7)Mendukung transmisi di frekuensi 600MHz


No comments:

Post a Comment