Thursday, September 19, 2013

Arti Warna Kabel Untuk Sepeda Motor



Pada instalasi listrik atau pengkabelan pada sepeda motor tidak sama dengan instalasi listrik ruumah. Arti warna kabel untuk sepeda motor dapat dilihat pada daftar dibawah ini, yang mana tiap-tiap warna memiliki fungsi yang berbeda sehingga memudahkan mekanik untuk memeriksa apabila terjadi kerusakan.

Sedangkan jenis kabel untuk motor yang sering digunakan adalah kabel serabut berinti tunggal yang memiliki warna berbeda pada setiap jalurnya. Penggunaan kabel serabut ini dimaksudkan untuk mempermudah instalasi pada motor, karena efisiensi tempat dan celah sempit pada sepeda motor maupun mobil maka harus memakai kabel yang faleksibel degan kualitas bagus.

Arti Warna Kabel Untuk Sepeda Motor

Sering kita kebingungan ketika ingin mengecek salah satu bagian pengkabelan pada motor karena harus mengurut tiap warna kabel yang berbeda, ada yang menuju ke lampu depan, lampu belakang, aki, kunci kontak, dsb. Nah untuk membantu memahami urutan tersebut, berikut ini kode warna pada kabel sepeda motor beserta fungsinya yang dapat kita simak secara detail.

KAWASAKI

Hitam-Kuning :(-) Masa
Putih-Merah :(+) Aki
Merah-Hitam :(+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning :(+) Lampu depan dekat
Abu-abu :(+) Sein kanan
Hijau :(+) Sein kiri
Biru :(+) Lampu rem
Merah :(+) Lampu belakang
Coklat :(+) Klakson

SUZUKI

Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah:(+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih:(+) Untuk ke penerangan
Merah :(+) Aki
Oranye :(+) Kunci kontak
Abu-abu :(+) Lampu belakang
Putih-Hitam :(+) Lampu rem
Hijau muda :(+) Sein kanan
Hitam :(+) Sein kiri
Kuning-putih :(+) Lampu depan
Putih-Biru :(+) Koil ke CDI
Biru-Kuning :(+) Pulser ke CDI

HONDA

Hijau :(-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah :(+) Aki
Hitam :(+) Kunci kontak
Putih :(+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning :(+) Arus beban ke saklar lampu
Biru :(+) Lampu jauh
Abu-abu :(+) Flaser
Biru laut :(+) Sein kanan
Oranye :(+) Sein kiri

YAMAHA
Hitam :(-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah :(+) Arus positif dari Aki
Kuning :(+) Lampu depan jauh
Hijau :(+) Lampu depan dekat
Coklat :(+) Sein kiri
Hijau :(+) Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah :(+) Pulser CDI
Hijau-Hitam :(+) Rem

Hitam Kuning : (+) Koil
Biru-Kuning :(+) Pulser CDI
Hijau-Kuning :(+) Lampu rem
Coklat :(+) Lampu kota
Hitam-Merah :(+) Spul CDI
Hitam-Putih :(+) Kunci kontak

Data-data kabel diatas saya kumpulkan dari berbagai sumber, apabila ternyata dalam prakteknya ada perbedaan kemungkinan sudah dilakukan revisi atau perbaikan sehingga kita tetap perlu untuk cek dan ricek sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu pada jalur kabel tersebut.

No comments:

Post a Comment