Sunday, October 27, 2013

Penyebab Kabel HDMI Tidak Tersambung [dari Laptop ke Monitor]

Menyambungkan perangkat komputer dengan monitor eksternal atau perangkat luar lainnya memerlukan dukungan software dan ketelitian dalam memasangnya. Karena kalau salah satu dari perangkat tersebut tidak mendukung untuk kabel HDMI yang digunakan maka dapat dipastikan tidak akan dapat terbaca pada saat disambungkan.

Penyebab Kabel HDMI Tidak Tersambung

Contohnya ketika kita akan menghubungkan sebuah laptop atau netbook dengan monitor LCD melalui konektor HDMI. Seringkali terjadi masalah ketika kabel HDMI sudah tersambung tidak keluar gambar pada tampilan layar monitor. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya:

  1. Diantara kedua perangkat tersebut salah satu diantaranya tidak mendukung untuk sambungan HDMI
  2. Terjadi kerusakan pada soket atau port HDMI pada laptop atau monitor LCD tersebut
  3. Terjadi kerusakan pada kabel HDMI itu sendiri, misalnya kabel putus dibagian dalam atau konektor yang sudah longgar karena terlalu sering digunakan
  4. Resolusi pada laptop terlalu tinggi sehingga monitor LCD tidak dapat menampilkan gambar dari laptop tsb


Dari beberapa penyebab umum diatas yang paling sering terjadi adalah ketidak seimbangan antara resolusi pada laptop atau notebook dengan monitor LCD yang digunakan. Kemampuan untuk menampilkan gambar pada resolusi tinggi monitor LCD sangat terbatas, sebagai akibatnya maka tidak akan muncul tampilan pada layar. Untuk menjangkau resolusi yang lebih tinggi dapat diganti dengan monitor LED dengan diameter layar lebih lebar.

No comments:

Post a Comment