Sunday, September 22, 2013

Penyebab Tangkapan Siaran Televisi tidak Jernih



Kadang kita sedikit jengkel dengan masalah apa penyebab tangkapan siaran televisi tidak jernih dan bahkan banyak semutnya (gambar terganggu oleh interferensi). Banyak faktor yang menyebabkan siara TV atau channel tidak dapat diterima dengan jernih. Kadang kita terlalu cepat mengambil keputusan, misalnya menambah booster atau antena, padahal masalah yang sebenarnya kadang hanya sepele.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tangkapan siaran televisi tidak jernih:

  1. faktor area atau lokasi yang terhalang gunung atau perbukitan
  2. antena sudah jelek, misalnya banyak elemen yang patah atau hilang
  3. kabel antena jelek
  4. televisi bermasalah atau rusak


Nah, sinyal siaran televisi yang lemah dan area yang terhalang dengan pegunungan dapat kita akali dengan menambahkan booster antena untuk menguatkan sinyal tangkapan televisi.

Apabila hasil masih kurang maksimal, yang perlu diperhatikan adalah pada kabel coaxial yang digunakan. Masalah kabel ini terkait dengan kualitas dan kondisi fisik dari kabel. Pastikan menggunakan kabel dengan standar yang oke, dan ada satu faktor yang kadang kita lupa untuk memperhatikannya.

Mungkin anda sudah mengganti kabel lama dengan yang baru, anda membelinya satu roll penuh.Karena sayang untuk memotongnya, maka sisa dari kabel tersebut anda biarkan dan hanya digulung saja. Nah, inilah penyebab utama sinyal tangkapan TV menjadi tidak jernih. Coba potong seperlunya saja, sehingga kabel antena menjadi pas (tidak terlalu banyak yang digulung). Karena gulungan atau sisa kabel koaksial yang terlalu panjang dapat mempengaruhi hasil siaran TV anda.

No comments:

Post a Comment