Tuesday, September 3, 2013

Kegunaan Masing-Masing Warna Kabel UTP



Masing-masing warna pada kabel UTP memiliki kegunaan yang berbeda sebagai media transmisi data. Seperti kita tahu, fungsi kabel UTP adalah sebagai media penghantar informasi dalam jaringan komputer, yang menghubungkan antara komputer dengan modem, atau komputer satu dengan yang lainnya dalam satu area network.

Kabel UTP atau kabel LAN terdiri dari 8 inti kabel yang memiliki warna berbeda-beda, demikian dengan fungsi setiap inti kabel tersebut juga berbeda. Pada ujung kabel UTP tersambung dengan konektor RJ45 yang kemudian akan dihubungkan dengan LAN card yang ada dalam komputer.

Kegunaan Masing-Masing Warna Kabel UTP

Nah berikut ini fungsi masing-masing warna pada kabel UTP, yang mana tiap warna memiliki fungsi yang berbeda meskipun sama-sama untuk menghantarkan paket data.
  1. Orange : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket data.
  2. Putih orange : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket data.
  3. Hijau : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket data.
  4. Putih Hijau : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket data.
  5. Biru : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket suara.
  6. Putih Biru : memiliki fungsi sebagai media penghantar paket suara.
  7. Coklat : memiliki fungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  8. Putih Coklat : memiliki fungsi untuk menghantarkan tegangan DC.

Dalam pemasangan kabel UTP pada local network terdapat dua cara instalasi yaitu dengan metode Cross dan Straight. Hal ini menjadikan kabel UTP seperti memiliki dua jenis kabel yang berbeda, padahal sebenarnya hanya susunan urutan warnanya saja yang berbeda, sedangkan kalau kita mau menggunakannya dapat dengan mengubah susunan warna tersebut sesuai keperluan.

No comments:

Post a Comment