Tuesday, June 10, 2014

Penjelasan Tentang Kabel Listrik Bawah Tanah

Ternyata pemasangan kabel listrik bawah tanah juga dapat berbahaya, Anda mungkin pernah membaca atau mendengar berita tentang kabel listrik posisi bawah tanah yang meledak? Penyebab dari ledakan bisa bermacam-macam, mulai dari pemasangan yang sembarangan, ledakan dari pipa gas, dan bisa juga karena terjadinya hubungan arus pendek pada kabel bawah tanah tersebut.

Jenis kabel NYY

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui mengenai jenis kabel yang bernama NYY, karena kabel ini adalah salah satu dari jenis kabel yang biasa digunakan untuk pemasangan kabel listrik pada bawah tanah dari suatu daerah. Kabel tipe ini mempunyai lapisan isolator PVC yang memiliki warna hitam atau abu, dan terdiri atas 2 hingga 4 kabel pada bagian dalamnya. Jenis kabel NYY ini juga bisa digunakan untuk bawah tanah dikarenakan memiliki lapisan isolator dengan ketebalan yang lebih dibandingkan kabel lainnya, jadi kabel NYY ini memiliki sifat yang lebih bagus dan kuat dibandingkan kabel NYM, serta tak disukai oleh binatang pengerat yang suka merusak kabel dan tinggal di bawah tanah yaitu tikus. Namun karena kualitas tersebut, maka jenis kabel NYY ini memiliki harga jual yang jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga jual dari kabel NYM.

Jenis kabel NYFGbY

Kabel yang memiliki nama lumayan panjang ini merupakan jenis kabel selain tipe NYY yang bisa digunakan di bawah tanah. Kabel NYFGbY merupakan jenis kabel listrik dengan daya tahan yang sangat kuat dan kualitas bagus juga, sebab menggunakan lapisan yang terdiri dari lebih dari satu pelindung, dan menggunakan isolator PVC dengan warna hitam serta terdapat logam pada bagian dalamnya. Kabel jenis ini memiliki sifat yang tak lentur dan cukup keras, oleh karena itulah maka kabel ini banyak digunakan pada proyek pemasangan kabel bawah tanah oleh PLN. Selain untuk pemasangan kabel bawah tanah, kabel NYFGbY ini juga seringkali atau dapat Anda gunakan untuk dalam ruangan, saluran-saluran, bahkan tempat terbuka, tetapi tentunya akan membutuhkan perlindungan xtra.

Kabel Listrik Bawah Tanah


Keuntungan menggunakan kabel listrik di bawah tanah

Mengapa pemerintah bersusah payah menanam kabel listrik di bawah tanah, jika memang biaya yang dikeluarkan lebih banyak, memakan waktu dan lebih merepotkan untuk memasangnya, belum lagi bahaya ledakan? Itu karena faktor estetika, dengan memasang kabel di bawah tanah, yang biasanya dipasang di daerah perkotaan, otomatis kabel tidak akan tampak atau kasat mata, sementara aliran listrik tetap bisa dialirkan, jadi untuk daerah perkotaan kesannya lebih rapih dan nilai estetika kota secara keseluruhan akan meningkat.

Sekian artikel mengenai kabel listrik bawah tanah yang merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya mengenai kabel listrik standar SNI , ditunggu komentarnya. Sekarang Anda sudah mengerti tentang pemasangan kabel juga dapat dilakukan di bawah tanah, dan informasi seputarnya, kami harap informasi ini bisa berguna bagi Anda, dan jika Anda ingin mencopy paste artikel kami, maka jangan lupa untuk menyertakan link sumber ke postingan ini, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment