Saturday, June 7, 2014

Mengenal Jenis Kabel Listrik yang Sesuai Standar SNI



Jenis Kabel Listrik yang Sesuai Standar SNI

Apakah Anda pernah mendengar mengenai kabel penghantar listrik SNI? Jika iya, apakah Anda sudah mengerti kabel jenis apakah itu? Mungkin masih belum, namun jangan khawatir, kami akan membagikan informasi seputar itu sekarang pada postingan kali ini, selamat membaca.

Sekilas tentang SNI dan kabel

SNI sebenarnya sama seperti helm SNI itu, jadi merupakan sebuah standar, dan bukanlah nama merek barang. Begitu pula dengan kabel, sudah mendapat perlindungan, sehingga harus ada standar tertentu baru bisa memperoleh kabel SNI. Selain itu, sifat untuk memenuhi standar ini wajib hukumnya. SNI sendiri merupakan kepanjangan dari Standar Nasional Indonesia. Dan, aturan mengenai kabel berSNI ini dimulai oleh pemerintah sudah lumayan lama, dengan mengeluarkan aturan menteri perindustrian atau dikenal juga dengan Permenperin dengan nomor 50/M-IND/PER/5/2011, semua aturan ini menjelaskan secara mendetail mengenai peraturan pembuatan kabel berkualitas standar SNI yang sudah dipenuhi, tentunya dari segi keamanan dan kualitas. Namun, tentu saja dengan ini, memang akan merepotkan produsen, namun akan menguntungkan konsumen karena kualitas dari kabel akan lebih terjaga dan tidak diproduksi dengan sembarangan, karena kabel yang rusak bisa berbahaya, dan kabel sangat sering digunakan serta ada di mana-mana juga.

Tujuan dari pemberlakuan kewajiban kabel ber-SNI ini sebenarnya ada. Menurut informasi yang dikemukakan oleh direktur dari industri material dasar untuk logam yaitu Ditjen Basis Industri bagian manufaktur dan kementerian perindustrian, yang bernama I Gusti Putu Suryawirawan sendiri mengatakan bahwa pemberlakuan kabel listrik dengan standar SNI ini demi antisipasi pada masuknya produk impor kabel yang banyak di bawah standar, baik kualitas maupun keamanan, karena memang pengimpor dan produsen tentu saja mengincar keuntungan sebanyak-banyaknya, dan terkadang tidak menghiraukan kualitas dari kabel tersebut, padahal itu akan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya aturan SNI, diharapkan hal tersebut tidak akan terjadi kembali.

Berikut merupakan beberapa contoh merek dari kabel SNI yang sudah cukup populer dan dikenal oleh masyarakat, yaitu:

  1. Supreme
  2. Kabel Metal
  3. Tranka
  4. KabelIndo
  5. Jembo
  6. Extrana
  7. Eterna


Semua jenis kabel listrik mulai dari NYY, NYA, NYYHY, NYM dan jenis kabel listrik lainnya sama-sama harus memenuhi standar SNI untuk bisa dipasarkan. Mungkin memang masih ada penjual yang menjual kabel yang tak memenuhi SNI, namun jika ketahuan itu akan menjadi masalah, jadi Anda sebagai konsumen harus berhati-hati, pastikan kabel listrik yang mau Anda pasang dan beli sudah memenuhi standar dari SNI sendiri.

Untuk penjualan kabel biasanya dilakukan secara rollan, kecuali di toko listrik yang menjual eceran. Tentunya, kabel listrik SNI yang dibeli secara rollan akan lebih murah, karena Anda membeli lebih banyak.
Sekian artikel mengenai mari mengenal kabel listrik SNI, semoga berkenan.

No comments:

Post a Comment