Tuesday, June 10, 2014

Kabel Listrik yang Kuat dan Anti Tikus

Kabel Listrik yang Kuat dan Anti Tikus

Kabel listrik merupakan sebuah alat atau media yang berguna bagi penyaluran listrik. Tentu saja, kabel terbuat dari konduktor untuk memenuhi fungsi tersebut, namun supaya tidak berbahaya ditutupi atau dilapisi oleh isolator. Begitulah prinsip dasarnya, namun terdapat juga berbagai jenis kabel yang berbeda, di mana salah satu contohnya adalah kabel listrik jenis NYY, yang dikenal anti tikus karena beberapa hal, berikut mari kita baca deskripsi tentang kabel ini selengkapnya, Selamat membaca:

Apa itu kabel penghantar listrik NYY

NYY adalah kabel yang mempunyai lapisan isolasi menggunakan PVC, umumnya menggunakan warna hitam, ada beberapa jenis yang memiliki inti, 2, 4 dan juga 3. Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk penanaman kabel bawah tanah, atau kabel instalasi tertanam. Digunakan sebagai kabel bawah tanah karena kabel NYY itu ternyata mempunyai lapisan isolasi tebal dan juga kuat, oleh karena alasan inilah mangkanya kabel ini menjadi tak disukai oleh tikus pengerat, dan cocok untuk digunakan atau dipasang di bawah tanah.

Kekurangan dan kelebihan NYY - Selain sebagai kabel bawah tanah, kabel listrik ini juga dapat digunakan di luar, namun mungkin tidak efektif, karena sayang jika digunakan di luar, sebab lapisan isolasinya yang berkualitas jadi tidak terlalu bermanfaat. Kelebihan dari kabel listrik dengan jenis NYY ini selain tahan dari serangan tikus (gigitan tikus), juga kuat terhadap air, serta lebih tahan dengan kerusakan fisik lainnya apabila dibandingkan dengan jenis-jenis kabel lain yang sudah banyak beredar di Indonesia.

Harga lebih mahal tidak berarti serba bisa – Walaupun memiliki lapisan isolator tebal dan memiliki banyak inti konduktor, namun pada beberapa kasus kabel NYY tidak cocok untuk digunakan. Contohnya apabila Anda hendak atau mau memasang antena televisi, dan tentu saja Anda membutuhkan kabel, terkadang orang menggunakan kabel listrik untuk melakukan hal tersebut, dalam hal ini, kabel NYY menjadi tidak cocok untuk digunakan, karena jika dipaksa menggunakan jenis kabel ini otomatis sinyal televisi dapat tidak tertangkap sempurna.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kabel yang dijual dengan harga lebih mahal belum tentu cocok digunakan pada segala kondisi, tergantung Anda menggunakannya untuk apa terlebih dahulu. Untuk nama lain, kabel NYY mempunyai sebutan NYAF juga. Itu baru contoh pertama, untuk contoh kedua misalkan Anda hendak menjalankan sebuah pompa listrik yang memiliki tegangan 220 volt dan 500 Watt, maka apabila menggunakan kabel listrik NGA atau NYY lebih baik dibandingkan menggunakan kabel jenis LAN atau UTP (Coaxial), sebab akan lebih beresiko terbakar karena kondisi yang terlalu panas.

Demikianlah informasi mengenai kabel listrik NYY yang anti tikus yang dapat kami sajikan kepada Anda hari ini, ditunggu komentarnya.

No comments:

Post a Comment