Sunday, November 3, 2013

Sejarah Penemuan Kabel



Saat ini kita menikmati adanya fungsi kabel dari setiap apa yang kita gunakan, tanpa tahu tentang sejarah kabel yang sesungguhnya. Sewaktu kabel ditemukan beberapa ratus tahun yang lalu, kita tidak pernah menduga kalau ternyata penemuan tersebut merupakan awal dari sebuah teknologi yang banyak membantu dimasa depan, yaitu saat ini dan seterusnya.

Para ilmuwan berjuang menemukan sebuah media transmisi yang baik dan tepat untuk mengirimkan informasi, tegangan, dan banyak hal lainnya melalui satu jalur yang kemudian disebut dengan kabel.

sejarah kabel

Proses ditemukannya kabel adalah ketika waktu itu manusia mulai sadar akan pentingnya sebuah komunikasi, sehingga diperlukan adanya suatu perantara untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain. Kabel pertama kali ditemukan pada tahun 1400 masehi.

Jenis kabel yang pertama kali ditemukan yaitu kabel inti tembaga, teknologi kabel tembaga ini adalah yang paling tua dan proses penemuannya memakan waktu lama. Setelah melalui beberapa penyempurnaan, akhirnya menyusul kemudian ditemukan kabel koaksial, sebagaimana yang kita tahu sekarang ini. Pada saat kabel tembaga mulai digunakan, tidak laa kemudian ditemukan pula proses pengiriman sinyal melalui telefon.

Hingga akhirnya teknologi semakin berkembang, dan penyempurnaan pada teknologi kabel mulai merambah pada kabel yang lebih rumit yaitu kabel serat optik. Kabel serat optik atau fiber optic ini menggunakan media cahaya sebagai perantara untuk mengirimkan informasi, dan teknologinya masih terus dikembangkan hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment