Tuesday, October 22, 2013

Penyebab Kabel Data USB Tidak Terbaca

Seringkali terjadi masalah apabila kita akan menyambungkan gadget baik itu HP, iPad, mp3 box, maupun perangkat lainnya ke komputer. Kadang penyebab kabel data tidak terbaca baik dari handphone maupun tidak terdeteksi oleh komputer merupakan masalah yang sulit untuk dipecahkan. Karena struktur kabel USB ini agak riskan untuk mengalami kerusakan, kadang umur pemakaian kabel ini tidak lama apalagi jika sering dipasang-lepas dari komputer satu pindah ke komputer lainnya.

Kalau masalah kabel data bawan HP Nokia, Samsung, atau HP China yang tidak terbaca mungkin masih dapat diakali dengan melepas memory card dan menghubungkan memori menggunakan slot card reader. Namun kalau kita ingin memasangkan HP sebagai modem dengan kabel USB, tentu harus memikirkan bagaimana caranya kabel tersebut tidak rusak dan masih dapat dibaca dengan baik oleh perangkat laptop ataupun komputer.

Kabel Data USB

Hal-hal yang menyebabkan muncul pesan 'USB Devide Not Recognized' dilayar kompuuter biasanya karena driver software dari perangkat elektronik tersebut belum terinstal, atau terjadi masalah pada kabel data itu sendiri.

Kadang bagian dalam kabel sudah putus sehingga tidak dapat terkoneksi dengan komputer, atau penyebab lainnya adalah pada port USB dari motherboard PC yang rusak. Hal ini memerlukan pengetesan khusus misalnya dengan menggunakan kabel USB lain yang masih bagus.

Atau kerusakan dapat pula terjadi pada perangkat gadget itu sendiri, yaitu pada slot USB yang ada dibagian dalam bisa saja sudah pecah atau tidak tersambung dengan baik. Diperlukan keahlian khusus kalau ingin membuka gadget anda, tentunya dengan membawanya ke tangan teknisi yang ahli.

No comments:

Post a Comment