Sunday, June 22, 2014

Kelebihan Penggunaan Kabel Listrik Bawah Laut



Kelebihan Penggunaan Kabel Listrik Bawah Laut

Terkadang pembangunan kabel listrik harus dilakukan di bawah laut, karena untuk menghubungkan ke daerah lainnya, di mana sumber pembangkit listrik ada di pulau yang berlainan. Tentu saja, listrik akan diperlukan di semua daerah, jadi jika ada pulau yang tidak memiliki pembangkit tenaga listrik maka diperlukan kabel bawah laut untuk mengalirkan listrik ke pulau tersebut, dan ini semua merupakan tanggung jawab dari perusahaan PLN. Beberapa keuntungan dari penggunaan kabel listrik bawah laut memang harus diperhatikan karena dengan menggunakan kabel bawah laut maka akan banyak efisiensi yang kita dapatkan dan beberapa kelebihan lainnya.

Contoh penerapan yang sudah pernah dilakukan

Kabel listrik untuk bawah laut sudah pernah dibangun oleh perusahaan listrik negara PLN Indonesia sebelumnya, yaitu kabel yang menghubungkan listrik antara daerah Batam dengan Bintan. Kabel listrik yang digunakan pada saat itu yaitu yang berkekuatan 150 kilo volt (kV). Tentunya, proyek seperti ini membutuhkan dana yang cukup besar, dan tidak bisa sembarangan dilakukan, diperlukan kontrak khusus dan transparansi juga, karena demi kepentingan negara, otomatis uang dari hasil pajaklah yang digunakan. Proyek pembangunan kabel listrik di bawah laut ini sendiri diotorisasi dengan tanda tangan dari direktur utama perusahaan PLN yang bernama Nur Pamudji, tentunya bersama juga dengan leader dari konsorsium yang bernama Mr. Yoshiro Matsui dari negara Jepang, beliau berperan sebagai Chief Staff Viscas corporation serta tidak ketinggalan Permadie Setiakusuma yang menjabat sebagai president director PT Karya Mitra Nugraha. Pembangunan proyek besar seperti ini akan melibatkan banyak pihak yang berkepentingan.

Kembali bicara mengenai pemasangan kabel listrik pada daerah bawah laut akan lebih sulit dibandingkan dengan memasang kabel di daratan, dan tentunya memerlukan spesialisasi khusus, kabel juga diperlukan yang khusus agar tak mudah rusak. Selain itu, waktu yang dihabiskan untuk proyek pemasangan kabel di bawah laut juga tidak sebentar, bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan bahkan hingga 1 tahun, tergantung dari jaraknya juga dan berapa meterkah kabel yang dipasang.

Biasanya pihak pribadi tidak akan memasang jenis kabel ini, karena tentu saja tidak diperlukan, tugas memasang kabel ini adalah tugas dari PLN selaku penanggung jawab listrik negara. Namun, PLN juga tidak sembarangan memasang kabel laut, mereka selalu merencanakan, apakah akan menguntungkan atau tidak. Karena, PLN juga mencari profit, dan bilamana penjualan listrik di suatu pulau diperkirakan tidak mencukupi atau kurang banyak, maka kemungkinan PLN tidak akan memasang kabel laut ke pulau atau daerah tersebut terlebih dahulu, apalagi mendirikan pembangkit listrik. Jadi, semuanya kembali lagi pada tingkat persentase penjualan listrik pada tiap-tiap daerahnya juga.

Setelah mengulas point-point penting diatas tentu dapat kita ketahui beberapa mafaat yang dapat dirasakan dari adanya penggunaan kabel bawah laut. Sekian informasi tentang keuntungan dari kabel listrik bawah laut, semoga bermanfaat. Apabila Anda masih penasaran dengan berbagai macam informasi tentang kabel, Anda dapat bookmark blog kita dan Anda bisa membaca updatean postingan dengan informasi terbaru selanjutnya.

No comments:

Post a Comment