Tuesday, May 13, 2014

Di Area Pedesaan, Jenis Kabel Antena TV Sangat Berpengaruh



kabel antena tv

Penggunaan kabel antena televisi sangat mempengaruhi hasil tangkapan sinyal siaran pada televisi kita, terutama pemilihan jenis kabel tv yang bagus, entah itu untuk daerah kota yang mudah penangkapan sinyalnya maupun untuk area terpencil di desa. Pengalaman saya waktu memasang kabel televisi di daerah yang sulit sinyal di pedesaan sangat tergantung dari jenis kabel dan tinggi antena televisi.

Kalau untuk tinggi antena dapat kita sesuaikan, misalnya ingin memasang antena di sebelah rumah atau disambung ke pohon yang tinggi. Hal yang perlu diperhatikan ketika memasang antena televisi terlalu tinggi adalah faktor petir yang dapat menyambar antena tersebut. Hal ini dapat kita atasi dengan memasang grounding pada antena.

Nah, faktor lain yang berpengaruh pada kualitas penangkapan siaran televisi adalah pada kabel antena itu sendiri. Memilih kabel yang bagus amat penting untuk mendapatkan tangkapan siaran yang jernih, kalau orang sering menyebutnya 'tidak ada semutnya'.

Lantas seperti apa kriteria kabel antena televisi yang baik untuk daerah pedesaan? Tidak ada patokan merk atau ukuran khusus, kalau saya melihat dari kualitas bahan kabel itu sendiri. Pastikan kabel yang digunakan berbahan serabut tembaga pada lapisan luar dan inti kabel terbuat dari tembaga tunggal yang murni. Kadang ada pula sejenis bahan mirip tembaga untk kabel yang herganya murah. Nah ini yang menyebabkan penangkapan siaran buruk. Memang kalau bicara harga akan berbanding lurus dengan kualitas yang kita dapatkan

Selain pemilihan jenis kabel yang tepat, jangan dilupakan pula untuk area pedesaan atau suash sinyal dapat menggunakan penguat sinyal atau booster. Booster televisi harganya cukup tergangkau mulai dari 40 ribu sampai sekitar 60 ribu tergantung merknya. Anda dapat membeli yang harga murah saja namun pastikan selalu melakukan pengecekan rutin terutama apabila antena terpasang di luar karena rawan terkena air dan panas matahari berlebihan.

No comments:

Post a Comment