Tuesday, November 10, 2015

Cara Aman Melindungi Kabel dari Air Hujan

Ketika tiba musim hujan, maka diperlukan sedikit tips aman atau cara melindungi kabel dari air hujan yang kalau dibiarkan akan menyebabkan umur pemakaian kabel jadi pendek atau kerusakan pada kabel yang akan membuat kita rugi secara ongkos. Karena memperhatikan hal-hal sepele seperti ini akan menjadikan kita lebih aman ketika memiliki bagian kabel yang terkena hujan secara langsung sehingga tidak menimbulkan rasa khawatir dalam banyak hal. Ini akan berkaitan dengan keamanan karena apa yang dilakukan kadang merupakan hal kecil namun memberikan dampak cukup besar sehingga akan menguntungkan ketika kita jalankan dengan benar. Sama halnya dengan memperhatikan setiap bagian instalasi pada kabel yang ada, misalnya pada kabel listrik yang menyeberang ke kamar mandi atau tempat terpisah dimana akan terkena air hujan secara langsung. Akan lebih baik meningkatkan keamanan didaerah tersebut sehingga tidak akan menyebabkan hubungan pendek atau keadaan yang tidak kita inginkan.

kabel tahan air

Misalnya kita ingin membenahi instalasi listrik di taman yang mana area tersebut langsung berkaitan dengan air karena taman adalah ruang terbuka dimana selalu ada peluang untuk kena hujan sehingga kita harus meningkatkan keamanan instalasi listrik pada tempat tersebut. Kita harus menjaga setiap sambungan tertutup dengan baik, isolasi yang digunakan memenuhi standar dan melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan semua bagian terpasang dengan baik. Jangan lupa untuk menutup kembali ketika melakukan penggantian lampu atau merapikan sambungan kabel listrik sehingga tidak ada kebocoran yang menyebabkan air dapat merembes masuk melalui tempat tersebut. Ini akan memastikan semua bagian aman karena dengan begitu akan tercipta sambungan yang kuat, aman dan tidak menimbulkan resiko dimasa depan dimana kita lupa melakukan perawatan rutin karena kesibukan atau urusan lainnya.

Tips memastikan bagian kabel aman dari air:

  1. Menutup sambungan atau bagian yang terbuka dengan seal anti air
  2. Menyambung kabel dengan kuat sehingga tahan tekanan 
  3. Memberikan ukuran kabel yang longgar pada bagian dimana sering terkena tekanan atau tertarik
  4. Hanya menggunakan kabel yang sudah teruji dan memenuhi standar
  5. Melakukan pengecekan secara berkala
Untuk mengetahui apakah kabel yang kita gunakan termasuk bagus atau memenuhi standar atau tidak, akan lebih baik memilih merk yang memang sudah lama digunakan dan harga yang tidak terlalu murah karena biasanya harga murah memang tidak menjamin keamanan dan biasanya harga akan berbanding lurus dengan kualitas yang diperoleh. Sehingga akan sangat baik ketika kita menyesuaikan anggaran sehingga tidak asal memilih kabel yang belum teruji, akan lebih baik menyerahkan masalah instalasi pada orang yang sudah berpengalaman sehingga tidak menimbulkan resiko dimasa mendatang.

Pada bagian yang sering terkena tetesan air atau terkena hujan sebaiknya menggunakan pelindung berupa pipa plastik atau pipa aluminium yang memang khusus digunakan untuk instalasi listrik. Hal ini jauh lebih aman daripada hanya mengandalkan isolasi pada kabel karena akan melindungi kabel dengan maksimal. Juga adanya perlindungan ganda menyebabkan keuntungan ketika salah satu rusak maka tidak langsung menyebabkan hubungan pendek listrik. Ini akan menjamin keselamatan dalam menjaga instalasi terjaga setiap waktu.

Lebih lengkap tentang cara menjaga kabel yang terkena air tetap aman dan awet maka akan kita ketahui apabila sudah punya pengalaman sendiri dalam memelihara instalasi dalam rumah atau buatan kita sendiri, karena pengalaman memang selalu lebih baik daripada hanya teori. Sehingga apa yang disampaikan disini hanya merupakan sebuah ulasan sebagai penambah wawasan saja, selebihnya tentu akan sangat baik ketika kita punya acuan sendiri dalam menentukan seberapa aman kabel tersebut karena tempat yang kita gunakan juga berbeda-beda yang akan memerlukan penyesuaian untuk instalasi secara mendalam. Dalam hal ini tidak baik ketika kita melihat secara ringkas apa yang dilakukan seseorang sehingga semua hal memang akan berjalan dengan baik ketika sudah ada pengalaman disana.

No comments:

Post a Comment