Saturday, June 7, 2014

Tips Keamanan Instalasi Kabel Listrik



Tips Keamanan Instalasi Kabel Listrik

Bagi Anda yang baru pertama kali membangun rumah, salah satu aspek keamanan yang tidak boleh dilupakan adalah instalasi kabel listrik, pemilihan kabel termasuk di dalamnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kesalahan instalasi kabel listrik dapat berakibat keamanan keluarga menjadi terancam, salah satu bahayanya misalnya korsleting dan terjadi kebakaran, apalagi jika itu terjadi pada saat malam hari, dan anggota keluarga sedang tidur, sehingga tidak mengetahui terjadinya kebakaran hingga terlambat.

Ukuran kabel listrik

Yang cukup menjadi faktor penentu keselamatan dan pemasangan instalasi kabel yang baik yaitu mengenai ukuran dari kabel listrik yang dipasang. Kabel listrik sendiri secara umum terbagi ke dalam beberapa ukuran, yang banyak tersedia dan dijual di toko-toko elektronik. Selain itu, warna dari kabel listrik juga bervariasi dan bermacam-macam, namun mengenai warna tidak terlalu berpengaruh dengan keamanan, hanya untuk memudahkan Anda dalam melihat itu kabel ke arah mana dan untuk apa sehingga tidak salah pada saat perlu untuk membongkarnya di kemudian hari. Kembali mengenai ukuran dari kabel listrik yang ada yaitu 1 x 2,5 mm, 1 x 1,5 mm, 2 x 1,5 mm, 3 x 2,5 mm dan juga 2 x 2,5 mm.

Berbeda ukuran maka berbeda pula pemanfaatan dari kabel tersebut, contohnya untuk kabel listrik dengan ukuran 2,5 mm, biasanya digunakan pada pemasangan jalur utama dari instalasi listrik. Dan setelah itu, barulah dibuat cabang-cabang dari instalasi listrik yang tentunya disesuaikan lagi berdasarkan kebutuhan untuk masing-masing rumah tangga. Cabang listrik inilah yang pada umumnya memakai kabel yang memiliki ukuran 1,5 mm. Kabel yang digunakan dalam memasang cabang instalasi biasanya diberikan sambungan ke sakelar maupun lampu rumah Anda.

Pemasangan kabel listrik harus oleh profesional

Anda jangan mencoba memasang instalasi kabel listrik sendiri, apabila Anda tak berpengalaman, dan jangan mencoba-coba, karena akan berbahaya apabila terjadi kesalahan pemasangan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan resiko terjadinya korsleting.

Biasanya kumpulan orang yang memang sudah ahli dalam pemasangan listrik ini sudah terdaftar di dalam anggota Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia, dikenal juga dengan AKLI, serta sudah resmi terdaftar pada perusahaan PLN, yang bertanggung jawab untuk kelistrikan di negara Indonesia. Selain itu, anggota dari AKLI ini memang sudah resmi legal sebagai kumpulan profesional tukang listrik, yang mempunyai tanggung jawab dalam keamanan dari pemasangan atau instalasi listrik di rumah-rumah di negara Indonesia.

Sekian informasi tentang tips keamanan pemasangan kabel listrik yang sudah wajib Anda ketahui, semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, kami benar-benar berterima kasih apabila Anda mau share artikel ini melalui situs social media yang ada, Terima kasih.

No comments:

Post a Comment