Wednesday, November 27, 2013

Fungsi Kabel VGA to RCA

Sebagian orang mungkin belum tahu apa fungsi kabel vga to rca yang digunakan dalam jaringan komputer. Jenis kabel ini memang unik, dengan satu kepala berupa soket VGA layaknya yang banyak digunakan dalam monitor LCD maupun monitor biasa, namun di ujung yang lain dari kabel ini adalah soket RCA yang merupakan soket RGB manual video. Seringkali kita salah mengartikan ketika membeli kabel VGA to RCA, karena menginginkan monitor LCD menjadi TV kemudian membeli kabel ini, ternyata setelah disambungkan tidak dapat mendukung tampilan layar monitor.

Kabel VGA to RCA

Cara menyambungkan kabel VGA to RCA memang bukan hal yang begitu saja dapat dilakukan, hal ini terkait pada jenis kabel ini yang tidak support untuk semua ukuran layar monitor. Terlebih lagi monitor kita tidak dilengkapi dengan soket atau kartu video yang memadai, maka dapat dipastikan kabel tersebut akan gagal untuk digunakan.

Lantas, bagaimana kalau sudah terlanjur membeli kabel tersebut namun tidak tahu cara mennggunakan atau tidak dapat digunakan untuk monitor? Terdapat beberapa hal yang harus dimengerti tentang socket VGA to RCA yaitu bahwa device yang menggunakan soket ini umumnya mempunyai resolusi tinggi sehingga video yang dihasilkan juga merupakan gambar dengan kualitas tinggi. Untuk monitor biasa yang kita gunakan tidak semuanya memenuhi standar ini.

Fungsi Kabel VGA to RCA

Satu lagi yang sangat penting dan perlu diperhatikan yaitu apabila anda ingin menggunakan soket vga to rca adalah monitor atau TV yang akan anda gunakan memiliki kartu VGA yang mendukung video komponen (Y, Pr, Pb). Seperti apa ciri cirinya? Silahkan lihat pada gambar diatas dimana soket tersebut sangat mirip dengan spoket Audio-Video biasa, namun memiliki kegunaan yang berbeda.

5 comments:

  1. cara memakainya gimna ya, ? TV saya sudah ada lubang RCA nya yng warna merah,biru,hijau, tapi pas di colokin ga ada terus gambarnya. cannel TV saya ada COMPONENT, AV1, AV2 nah yg mana buat kabel itu? trims.

    ReplyDelete
  2. kabel diatas hanya mendukung vga output pada laptop, tanpa itu maka gambar tidaka akan keluar.

    ReplyDelete
  3. berarti intinya laptop akan di tampilkan ke LCD dengan menggunakan kabel tersebut?
    Misal laptop out---> LCD Masuk
    Gambar di Laptop sama dengan di LCD
    apakah seperti itu?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. di layar tv nya gk jelas (rumek) itu kenapa ya? apa emang gk suport

    ReplyDelete
  5. Setting resolusinya.. Coba agan turunkan resolusinya..

    ReplyDelete