Monday, November 4, 2013

Fungsi dan Spesifikasi Kabel Listrik



Kabel listrik adalah jenis kabel yang digunakan dalam instalasi kelistrikan, mengenai fungsi kabel listrik sendiri yaitu sebagai media penghantar atau penyalur energi listrik. Struktur atau bagian-bagian kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor, dimana kedua bagian ini akan saling melengkapi untuk menghasilkan kabel yang kuat, berdaya tahan bagus, dan memiliki kualitas yang baik.

Bagian isolator adalah lapisan yang membungkus kabel, dengan bahan dasar plastik tahan panas atau plastik yang lentur. Bagian ini memiliki fungsi utama untuk melindungi inti kabel dari kerusakan, air, maupun pengaruh medan elektromagneik dari luar.

Sedangkan bagian konduktor adalah bagian dalam kabel, yaitu satu buah inti atau lebih yang terbuat dari tembaga, dan pada jenis tertentu bagian konduktor terbuat dari aluminium. Bagian ini memiliki kegunaan untuk menghantarkan energi listrik, yaitu sebagai media penghantar arus listrik.

Kabel Listrik

Terdapat beberapa jenis kabel lsitrik dilihat dari konstruksi dan bahan pembuatnya. Mengenai hal ini sudah pernah dibahas sebelumnya, silahkan baca selengkapnya disini.

Spesifikasi kabel listrik ada bermacam-macam, sesuai dengan kegunaan dari kabel tersebut. Ada kabel yang memiliki diameter cukup besar, yang umumnya digunakan untuk instalasi jalan dan luar. Sedangkan untuk keperluan perumahan, ukuran kabel disesuaikan dengan kebutuhannya, biasanya relatif lebih kecil.

Nah, demikian sekilas tentang kegunaan dari kabel listrik yang semoga dapat membantu anda bagi yang sedang mencari info terkait kabel tersebut. Dengan semakin majunya teknologi, sekarang ini ada banyak jenis kabel listrik terbaru, dengan fungsi yang lebih baik dari teknologi sebelumnya.

No comments:

Post a Comment