Sunday, September 22, 2013

Ukuran Kabel Listrik untuk Instalasi Rumah



Hal penting yang patut kita perhatikan apabila ingin memasang instalasi listrik rumah tangga salah satunya adalah menentukan berapa ukuran kabel listrik untuk instalasi rumah yang bagus, karena tentu saja kita tidak mau dimasa mendatang terjadi masalah hanya karena teledor dalam membeli kabel yang salah, atau kabel dengan kualitas yang tidak memenuhi standar.

Mengenai seperti apa jenis dan kategori kabel listrik yang bagus rasanya sudah cukup kita bahas pada artikel sebelumnya, yang mana ternyata kualitas kabel yang digunakan juga akan mempengaruhi umur lampu, dan sangat menentukan aman atau tidaknya instalasi listrik dalam rumah tersebut.

Ukuran Kabel Listrik untuk Instalasi Rumah

Berikut ini tanda atau kode yang sering kita lihat tertulis dalam kabel listrik:
  • 1 X 1,5mm
  • 1 X 2,5mm
  • 2 X 1,5mm
  • 2 X 2,5mm
  • 3 X 2,5mm

Nah, dari angka-angka diatas terdapat cara membacanya agar kita dapat mengetahui dengan tepat kegunaan kabel tersebut agar dapat digunakan dengan tepat. Cara membaca angka atau kode diatas adalah sebagai berikut:
  • angka didepan kali (X), menunjukkan jumlah inti kabel tersebut
  • angka dibelakang kali (X), menunjukkan diameter dari inti kabel tersebut

Misalnya, kita mempunyai kabel dengan ukuran 2X1,5mm maka artinya didalam bungkusan isolasi kabel tersebut terdapat dua inti kabel tembaga dengan masing-masing inti memiliki diameter 1,5mm.

Perlu diketahui, ukuran kabel instalasi ruumah aka mempengaruhi baik-buruknya jalur atau aliran arus listrik dalam rumah tsb. Semakin besar diameter dan grounding yang bagus maka akan semakin baik pula aliran listrik sehingga tidak akan menyebabkan beban yang terlalu besar dan juga pemborosan listrik, atau listrik menjadi lebih hemat karena tidak terbuang didalam beban kabel yang besar.

No comments:

Post a Comment